Langkah - Langkah Perawatan Metode Kangguru

3 tahun yang lalu
Oleh : Dr. dr. Naomi Esthernita Dewanto Sp. A (K)


Perawatan Metode Kangguru (PMK) adalah perawatan bayi prematur melalui kontak kulit ke kulit dengan ibu. PMK diketahui efektif untuk pengaturan suhu, menyusui dan membangun ikatan antara ibu dan bayi, oleh karena itu dapat dilakukan untuk bayi prematur di Rumah Sakit maupun di rumah.

Caranya:

1. Memulai PMK

Sebelumnya perlu diketahui beberapa hal ini, bahwa semua ibu dapat melakukan PMK, bayi prematur yang sudah stabil dan tidak dalam kondisi kritis yang mengancam nyawa, dapat dirawat secara metode kangguru.  Jika ibu merokok, sebaiknya berhenti atau tidak merokok di ruangan bayi. Sebaiknya ibu memakai pakaian yang longgar. Pilih ruangan yang tertutup dan cukup hangat. Ibu boleh membawa suami atau pendamping lainnya ke ruangan untuk membantu.

 

2. Cara Metode Kangguru

  • Letakkan bayi dengan posisi tegak diantara payudara ibu, kontak kulit dada ke dada.

  • Kepala bayi menghadap ke samping dengan posisi sedikit menengadah supaya jalan nafas terbuka dan ada kontak mata dengan ibu.

  • Panggul bayi dalam posisi seperti katak.

  • Ikat dengan kain di bawah telinga bayi. Ikatan yang kencang di bagian punggung sedangkan bagian perut dilonggarkan supaya bayi dapat bernafas lega.


 

Hasil gambar untuk kangaroo position

Bayi perlu dilepas dari kontak kulit saat ganti popok, perawatan tali pusat, atau diperiksa oleh dokter. Setelah bayi mandi, harus segera dikeringkan dan dikembalikan lagi pada posisi PMK. Sepanjang hari, ibu dapat membawa bayi dengan posisi PMK kemanapun. Posisi tidur ibu yang terbaik adalah berbaring dengan posisi 15 derajat dari horizontal untuk mengurang resiko bayi henti nafas.

2. Lama dan Durasi PMK

Sebaiknya PMK jangan dilakukan kurang dari 60 menit karena perubahan yang terlalu sering dapat menyebabkan stres pada bayi. Lama kontak kulit pada PMK dapat ditingkatkan secara bertahap hingga berlangsung kontinyu siang malam, dengan interupsi hanya saat ganti popok. Saat ibu perlu melakukan hal lain, anggota keluarga misalnya ayah, nenek dll dapat menggantikan posisi PMK untuk sementara. PMK biasanya dilakukan sampai bayi mencapai usia 40 minggu atau berat badan 2500 gram.

 

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/2e/13/62/2e1362bce66538307257bd3c2579ac97.jpg

3. Memantau Kondisi Bayi

  • Temperatur

Suhu tubuh normal bayi berkisar antara 36.5-37.5˚C. Saat memulai PMK, ukur temperatur di ketiak bayi tiap 6 jam sampai temperatur normal dalam 3 hari berturut-turut. Setelah itu, pengukuran dapat dilakukan 2x sehari. Jika suhu tubuh <36.5˚C, selimuti bayi dan ukur lagi temperatur 1 jam kemudian. Cari tahu penyebab hipothermia, misal ruangan dingin, bayi baru dimandikan atau asupan minum kurang.

 

  • Mengawasi pernapasan bayi

Laju pernapasan normal pada bayi prematur dan berat lahir rendah berkisar antara 30-60 kali per menit dan kadang didapatkan henti napas sementara (apnea). Jika periode apnea ≥ 20 detik, bibir dan wajah  kebiruan dan laju denyut jantung rendah segera rangsang bayi dengan menggosok punggung / kepalanya serta mengayun-ayun sampai bayi kembali bernapas. Jika bayi masih tidak bernapas segera hubungi petugas kesehatan.

4. Pemberian Makan

Bayi usia <30-32 minggu biasanya memerlukan selang lambung untuk minum atau minum dengan cangkir kecil. Mulai usia 32 minggu bayi dapat menyusu langsung ke payudara. Awalnya hanya menjilat dan mengisap sedikit, hingga pada usia 34-36 minggu bayi dapat menyusu langsung dengan baik.

Posisi kangguru merupakan posisi ideal untuk menyusui. Bayi harus digendong dengan posisi kepala dan badan segaris lurus, arahkan wajah bayi ke payudara, topang seluruh tubuh bayi (bukan hanya leher dan bahu). Sentuhkan bibir bayi ke puting susu ibu, tunggu sampai mulut bayi terbuka lebar baru kemudian arahkan bayi untuk mengisap ke payudara. Tanda bayi sudah menyusu dengan baik adalah: bibir bawah bayi melipat keluar dan sebagian besar areola lebih banyak terlihat di atas bibir.

Bayi kecil menyusu tiap 2 jam sedangkan bayi yang lebih besar tiap 3 jam. Tingkatkan perlahan asupan per kali dan jumlah total minum per hari.

C:\Users\yani.damayanti\Downloads\KMC.jpg

 

 

 

 

Referensi:

  1. Maternal and Child Health Integrated Program (MCHIP). Kangaroo Mother Care: Implementation Guide. 2012.

  2. World Health Organization. Kangaroo Mother Care: A Practical Guide. 2003.

  3. Kangaroo Mother Care: Support For Parents & Staff Of Premature Babies. How To Do KMC. 2016. Diunduhdari http://www.kangaroomothercare.com/how-to-do-kmc.aspx padatanggal 2 November 2016

Image Credit : drrina.id

 





Artikel Terkait



Komentar


Silahkan login