Mengapa Bayi Prematur Memakai OGT ?

2 tahun yang lalu
Oleh :


OGT atau orogastric tube adalah selang kecil yang fleksibel terbuat dari plastik yang dimasukkan dari mulut menuju lambung. Benda ini terkadang digunakan sebagai alat bantu minum pada bayi prematur, khususnya pada bayi prematur ektrim dan prematur berat yang dirawat di rumah sakit. Kondisi bayi prematur yang terlalu kecil dan lemah ini menjadikannya tak mampu untuk menyusu langsung dari payudara ibu setelah lahir. Karena itu diperlukan alat bantu OGT untuk memasukkan ASI perah ke dalam lambung bayi.

Alasan utama digunakannya OGT pada bayi prematur adalah karena proses mengisap pada bayi yang belum kuat dan terkoordinasi, adanya gangguan pencernaan, pernapasan, dan gangguan jantung yang berat. Pada beberapa rumah sakit, ibu atau ayah sesekali diperkenankan memberi minum bayinya melalui OGT dengan bantuan perawat. Bila Anda ingin melakukannya, tanyakan hal ini pada dokter atau pihak rumah sakit.

Penggunaan OGT dalam jangka waktu lama berisiko menimbulkan infeksi dan komplikasi akibat tidak digunakannya struktur-struktur anatomis yang berperan pada proses menelan. Motorik oral bayi yang tidak digunakan menyebabkan kurangnya pengalaman sensoris oral yang selanjutnya mengakibatkan masalah pada motorik fungsi oral bayi. Itu sebabnya makin singkat bayi prematur menggunakan OGT, maka makim minimal risiko yang dihadapi.

 

Referensi:

1. Luh Karunia Wahyuni, Pemberian Minum Bayi Prematur, Jakarta: PB PERDOSRI, 2015.

 

Sumber Gambar: nbcnews.com

 

 





Artikel Terkait



Komentar


Silahkan login