Mengapa Harus Hati-hati Mengganti Popok Bayi Prematur?

2 tahun yang lalu
Oleh : dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp. KFR (K)


Sistem saraf dan otot pada bayi prematur yang belum matang (immature) membuatnya cepat merasa lelah bila harus menggunakan energi untuk bergerak, yang pada akhirnya membuat bayi merasa tidak nyaman. Sebelum memakaikan popok, pastikan pemilihan ukuran popok untuk bayi prematur sudah tepat.

Pemilihan Ukuran yang tepat

Tubuhnya yang sangat kecil seringkali membuat bayi prematur kesulitan mendapat ukuran popok yang pas. Sebaiknya popok yang digunakan bayi adalah popok yang dapat menyokong tubuhnya dengan baik, terutama saat posisi tengkurap dimana panggulnya dapat terangkat (posisi nungging). Hindari penggunaan popok yang terlalu besar bagi bayi prematur, karena berisiko kotoran tidak tertampung pada popok sehingga merembes keluar.

Umumnya, produksi urin pada bayi baru lahir adalah 1-3 ml/kg berat badan/jam dan diperlukan penggantian popok 6-10 kali per hari. Seperti pada bayi yang lahir cukup bulan, pastikan popok bayi prematur tetap kering; ganti setiap 3-4 jam atau setiap kali popok basah/penuh. Demikian pula setiap kali buang air besar, popok bayi harus diganti.

Hati-hati saat mengganti popok

Proses penggantian popok pun, bila tidak hati-hati dapat membuat bayi merasa lelah dan tidak nyaman. Berikut prosedur yang dianjurkan untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

  • Hindari gerakan menggosok atau gesekan ketika mengganti popok.
  • Bersihkan dan keringkan kulit sekitar bokong bayi secara perlahan dan dengan gerakan amat lembut.
  • Pada bayi baru lahir yang belum lepas tali pusatnya, pastikan popok tidak mengenai/menutup bagian tersebut untuk menghindari terkena urin atau feses. Bagian ini perlu dijaga agar sesering mungkin terpapar udara.
  • Tempatkan bayi pada posisi fleksi fisiologis, yaitu memosisikan bayi seperti di dalam kandungan, dalam “sarang” yang terbuat dari gulungan handuk.

 

 

Referensi:

1. Luh Karunia Wahyuni, Kupas Tuntas Popok, Jakarta: PB PERDOSRI, 2016.

 

Sumber Gambar: KFOR.com





Artikel Terkait



Komentar


Silahkan login