Pemeriksaan USG Kepala Bayi Prematur

1 tahun yang lalu
Oleh :


Apakah USG kepala itu?

USG kepala (Ultrasonografi) adalah pemeriksaan pencitraan menggunakan gelombang suara untuk melihat gambaran otak dan struktur di dalamnya. Gelombang suara yang berjalan menuju otak akan dipantulkan dan ditangkap kembali oleh mesin USG selanjutnya dirubah menjadi bentuk gambar.

 

Berbahayakan pemeriksaan USG kepala bagi bayi saya?

Pemeriksaan USG kepala dilakukan oleh dokter atau petugas kesehatan yang sudah terlatih. Pemeriksaan ini aman dan tidak menyakiti anak, serta dapat dilakukan ditempat tidur bayi. 

Pemeriksaan pencitraan lain adalah CT scan dan MRI kepala. Dibandingkan pemeriksaan CT scan kepala, pemeriksaan USG lebih disukai karena tidak menggunakan sinar radiasi. Keuntungan lain waktu yang diperlukan pada USG kepala singkat dan hasilnya segera dapat diketahui saat itu juga. Pada pemeriksaan MRI kepala walaupun tidak menggunakan sinar radiasi melainkan menggunakan gelombang mahnetik,  pemeriksaan ini tidak efisien digunakan karena bayi harus dibawa ketempat pemeriksaan, bayi harus ditidurkan (diberikan obat sedasi) agar tidak goyang dan gambar yang dihasilkan menjadi kabur. Kekurangan lain tidak semua fasilitas kesehatan memiliki MRI untuk bayi baru lahir, terutama pada bayi yang masih memerlukan alat bantu napas   dan tidak stabil. Pemeriksaan MRI dilakukan pada keadaan tertentu dan berdasarkan pertimbangn khusus.

 

Apakah yang dirasakan oleh bayi saya?

Selama pemeriksaan USG kepala bayi tidak merasa sakit. Terkadang bayi merasa tidak nyaman karena rasa dingin dari jelly USG yang diletakkan di kepala saat pemeriksaan. Menghangatkan jelly mengurangi ketidak nyamanan saat pemeriksaan.

 

Perlukah persiapan untuk pemeriksaan USG kepala?

Pemeriksaan USG kepala tidak memerlukan persiapan khusus. Pemeriksaan ini dilakukan melalui ubun-ubun besar yang masih terbuka. Bila ubun-ubun besar sudah menutup maka gelombang suara akan tertahan oleh tulang sehingga tidak dapat masuk.

Bila ubun-ubun besar sudah menutup atau sangat kecil sedangkan kecurigaan akan cedera otak sangat kuat perlu dilakukan pemeriksaan MRI kepala. Pemeriksaan CT scan kepala sebaiknya tidak dilakukan karena memberikan radiasi yang sangat besar.

 

Kenapa harus dilakuklan pemeriksaan USG kepala?

Pada bayi, khususnya bayi prematur, sering terjadi keadaan yang mengakibatkan gangguan neurologis dikemudian hari. Pemeriksaan USG kepala dilakukan untuk melihat komplikasi neurologis yang terjadi pada keadan tertentu, misalnya adanya perdarahan otak akibat pecahnya pembuluh darah otak bayi yang masih sangat tipis, kerusakan jaringan otak akibat kekurangan oksigen yang telah terjadi sejak dalam kandungan, saat kelahiran, atau terjadi setelah lahir. Keadaan lain yang memerlukan USG kepala antaralain pada bayi yang mengalami trauma kepala saat lahir, lingkaran kepala yang kecil, kelainan bentuk kepala, peningkatn lingkaran kepala yang terlalu cepat, bayi mengalami kejang, hipoglimeia berat, infeksi saat dalam kandungan atau setelah lahir, dan bayi mengalami distres pernapasan yang memerlukan alat bantu napas. Kelainan neurologis yang terjadi akan menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak dikemudian hari. Mengetahui secara dini cedera otak yang terjadi agar dapat dilakukan antisipasi pada anak serta penjelasan kepada orang tua kemungkinan yang akan dihadapi anaknya dikemudian hari.

 

Kapan dilakukan pemeriksaan USG kepala?

Pemeriksaan USG kepala pada bayi baru lahir dilakukan dalam minggu pertama kehidupannya. Tergantung kondisi bayi dan penyakit yang menyertainya, pemeriksaan dapat dilakukan pada hari pertama atau antara hari ke 3-7. Pemeriksaan selanjutnya tergantung kelainan yang ditemukan pada awal pemeriksaan. Idealnya dilakukan setiap minggu sampai anak mencapai usia matur yaitu 40 minggu. Bila tidak memungkinkan sekurang-kurangnya sebelum bayi dipulangkan pemeriksaan USG kepala harus dilakukan, sehingga dapat diperkirakan gangguan neurologis dikemudian hari berdasarakan kelainan yang ditemukan, mempersiapkan orang tua kemungkinan yang terjadi pada bayinya, serta tindakan untuk mengurangi dampak tersebut.

 

Bagaimanakan pemeriksaan  USG kepala itu?

Bayi diletakkan terlentang di tempat tidur. Bila bayi gelisah, dapat dibedong agar tidak banyak bergerak. Alat USG yang disebut prob diletakkan di kepala bayi tepat diatas ubun-ubun besar. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan ubun-ubun besar tersebut sebagai jendela untuk melihat otak, ruang-ruang cairan otak, serta aliran darah otak. Seluruh struktur yang ada di dalam kepala dinilai secara lapis demi lapis dari depan ke belakang, dari kanan ke kiri. Hasilnya dapat segera diketahui dan disampaikan kepada orang tua.

 

Apakah kekurangan USG kepala?

USG kepala tidak dapat dilakukan bila ubun-ubun besar sangat kecil atau sudah menutup. Kelainan yang terletak sangat dekat dengan tulang kepala juga sulit dilihat secara menyeluruh dengan USG kepala. Pada keadaan ini pemeriksaan MRI kepala merupakan alternatif.

 

 

Referensi:

1.IOSR Journal of Dental and Medical Sciences (IOSR-JDMS) e-ISSN: 2279-0853, p-ISSN: 2279-0861.Volume 13, Issue 9 Ver. VII (Sep. 2014), PP 27-32 

www.iosrjournals.org

2.Paediatric Child Health Vol 6 No 1 January 2001.

Sumber Gambar: motopreview.com

 





Artikel Terkait



Komentar


Silahkan login