Perawatan Bayi Prematur di RS

3 tahun yang lalu
Oleh : dr. Rizalya Dewi Sp. A ( K)


 

Bayi yang lahir prematur ibarat buah yang masih belum matang. Masalah yang berhubungan dengan "ketidakmatangan" ini dihadapi selama perawatan, dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Lalu apa saja yang dilakukan RS untuk mengatasinya?. Ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui para orang tua tentang apa yang terjadi dari organ ke organ.

 Mata

Ketidakmatangan mata (retina), membuat bayi prematur rentan terhadap pemberian oksigen. Di rumah sakit, hal ini dikontrol dengan pemberian oksigen seminimal mungkin dan kecukupannya dipantau dengan pemasangan alat "Pulse Oxymetry" di daerah tangan atau kaki. Kadar oksigen dipertahankan dalam batas aman antara 88-92%, sehingga komplikasi negatif diharapkan tidak terjadi.

 Pada umur kehamilan 34 minggu atau umur kronologis / aktual 2-4 minggu, bayi akan dikonsultasikan ke bagian mata untuk deteksi dini ROP (Retinopathy of prematurity). Jika ditemukan masalah, dokter mata akan melanjutkan pemantauan tiap 1-2 minggu sekali, sampai retina bayi menjadi matur.

 Otak

 Otak adalah pusat kontrol tubuh manusia. Beberapa masalah dapat ditemui pada bayi prematur karena ketidakmatangan otak, misalnya:  

 1. Perdarahan. Pembuluh darah di otak bayi yang prematur ekstrim ( yaitu pada masa kehamilan < 28 minggu atau BBL < 1000 gr) sangatlah rapuh dan dapat pecah secara spontan. Untuk bayi-bayi ini, akan dilakukan skrining USG kepala antara usia 3-7 hari, jika ada kelainan, pemeriksaan ulang dilakukan tiap 1-2 minggu sekali.

 2. Apnea of prematurity. Ketidak matangan otak, membuat bayi "lupa" untuk bernapas. Jika berulang dan berlangsung > 20 detik, disebut dengan Apnea of prematurity. Bayi akan diberikan obat untuk merangsang pusat pernapasannya seperti caffein atau aminophylline, kadang diperlukan juga alat bantu napas seperti NCPAP atau High flow nasal canule untuk menjaga supaya bayi tetap bernapas.

 

 

 





Artikel Terkait



Komentar


Silahkan login

ian madindo 3 tahun yang lalu
Nice info