Donor Asi




Fitur don-ASI, memungkinkan para Ibu untuk mendonorkan ASI nya untuk bayi-bayi yang membutuhkan ASI. ASI eksklusif adalah suatu keharusan, terutama bagi bayi prematur, untuk memaksimalkan kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembangnya. Namun, tidak semua bayi beruntung untuk bisa tercukupi ASI nya, karena ada beberapa kondisi ibu yang tidak dapat memberikan ASI.

Donor ASI dapat berperan sebagai alternatif untuk mendukung ASI Eksklusif, asalkan disikapi dengan bijaksana agar upaya tersebut memberikan manfaat dan bukan sebaliknya. Maksudnya, ada beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui ASI, maka dari itu perlu informasi, konseling dan keterampilan, serta syarat-syarat yang harus dilalui Ibu sebelum mendonorkan ASI . Tidak perlu ragu, kalau Ibu merasa memenuhi hal-hal ini, boleh dimulai untuk mendonorkan ASI nya.

SYARAT PENDONOR ASI

  1. Memiliki bayi berusia kurang dari 6 bulan 
  2. Sehat dan tidak memiliki kontra indikasi menyusui
  3. Produksi ASI sudah memenuhi kebutuhan bayinya, dan mendonasikan ASI atas dasar produksi yang berlebih
  4. Tidak menerima transfusi darah atau transplantasi organ / jaringan dalam 12 bulan terakhir
  5. Tidak mengkonsumsi obat, termasuk Insulin, Hormon Tiroid, dan produk yang bisa mempengaruhi bayi. Obat / suplemen herbal harus dinilai kompatibilitasnya terhadap ASI
  6. Tidak ada riwayat menderita penyakit menular, seperti Hepatitis, HIV, atau HTLV2
  7. Tidak memiliki pasangan seksual yang berisiko terinfeksi penyakit HIV, HTLV2, Hepatitis B/C, Hemofilia yang rutin menerima komponen darah, menggunakan obat illegal, perokok atau minum beralkohol. 

Lanjut Isi Formulir